Selasa, 13 Desember 2011

UBAH TEMPLATE BLOGSPOT FOR SEO

UBAH TEMPLATE BLOGSPOT FOR SEO

SEO Blogger Template
Bagi para blogger pemula pasti bertanya-tanya. Apa itu SEO friendly? Bagaimana mengubah template blogspot  agar SEO friendly?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization (optimisasi mesin pencari). Yaitu adalah rangkaian proses yang dilakukan supaya blog kita muncul di posisi teratas atau di halaman pertama pada mesin-mesin pencari seperti google dan yahoo. Dengan demikian secara otomatis akan lebih banyak pengunjung/trafik yang datang ke blog kita. Lalu bagaimana cara mengubah template blogspot agar SEO friendly?


Cara mengubah template blogspot agar SEO friendly tidaklah gampang. Ada banyak hal yang harus dilakukan agar blog kita bisa terindeks dan masuk dihalaman pertama mesin pencari. Membuat blog ibarat membangun sebuah rumah maka harus dibuat pondasi yang benar. Template blogger yang digunakan haruslah SEO friendly. Berikut ini cirri-ciri template blog yang SEO friendly :

Template blogspot yang SEO
  • Blog memiliki kecepatan loading yang  cepat sehingga blog kita mudah diakses oleh pengunjung. Gunakan template blogspot yang ringan jangan template blog yang terlalu banyak widget atau video nanti blog kita menjadi lambat loadingnya.
  • Menggunakan heading title. Yang dimaksud disini adalah template blogspot yang anda gunakan hendaknya menggunakan ukuran H1 untuk judul postingan dengan begitu mesin pencari akan lebih cepat mengindeks blog kita.
  • Template blogspot menggunakan meta tag. Hal ini juga untuk mempercepat supaya search engine bisa mengindeks blog kita.
  • Jika ingin menggunakan template blogspot dengan side bar maka pilihlah blogger template dengan posisi artikel disebelah kiri dan side bar di sebelah kanan. Ini bertujuan supaya search engine bisa cepat mengindeks blog  kita karena search engine akan membaca konten blog kita dari kiri ke kanan.
  • Selain memperbaiki tampilan blog kita agar bagus di mata search engine juga perlu untuk memperbaiki tampilan blog kita di mata pengunjung. Karenanya gunakan template blogspot yang menarik,  enak, ringan dan mudah di jelajahi oleh pengunjung. Kita bisa menambahkan menu-menu lain untuk memudahkan pengunjung menjelajahi blog kita seperti menu tab, related post, bread crumb dan lain-lain.
  • Tambahkan fungsi share atau social bookmark ke dalam template blogspot kita sehingga pengunjung mudah membagikan konten blog kita di situs-situs jejaring social. Secara tidak langsung ini juga bisa untuk mempromosikan blog kita dengan harapan akan lebih banyak pengunjung yang datang.

Itulah beberapa ciri template blogspot  agar SEO friendly. Penulis percaya bahwa artikel diatas masih banyak kekurangannya karena SEO selalu berkembang dan tiap-tiap search engine memiliki rumus algoritma yang berbeda-beda untuk menelusuri tiap blog/website.

Untuk cara-cara pengubahan template blogspot seperti heading title, meta tag, read more, related post dan lain-lain dapat anda cari melalui google.com. Banyak sekali situs-situs yang menyediakan tutorial dan artikel yang berkaitan dengan mengedit scrip/HTML template blogspot.

Related Post



4 komentar:

  1. bermanfaat banget informasinya buat saya yang masih baru belajar ngeblog

    aphroditekediri

    BalasHapus
  2. aphroditekediri..makasih linknya..link anda jg sudah terpasang..

    BalasHapus
  3. cara menggunakan adsense giman sih...aku kok gak bisa daftar adsense ya...???

    BalasHapus
  4. Tista..Maksudnya bagaimana nih..gak bisa masang di blog atau blm ds daftar di situs adsense?..kalo daftar adsense lokal lumayan gampang kok tinggal isi form,ntar dapet scriptnya baru dipasang di blog anda...

    BalasHapus

Saran dan Kritin diperlukan agar blog ini bisa lebih maju dan lebih baik lagi...terima kasih